Kenalan dengan Beraneka Manfaat dan Olahan Sagu

Artikel ini akan membahas mengenai beragam manfaat sagu berikut variasi olahannya. Siapa tahu, bukan hanya menambah wawasan, Anda pun bakal tertarik untuk mengonsumsi dan membuat sajian berbahan sagu di rumah.Sagu yang selama ini kita kenal sebagai tepung sebenarnya berasal dari pohon sagu atau Metroxylon sagu Rottb. Untuk masyarakat yang berdomisili di kawasan Maluku, Nusa Tenggara, hingga ke Papua, sagu merupakan makanan pokok.
Untuk mendapatkan tepung yang bermutu baik, maka petani sagu mesti memilih pohon sagu dengan diameter batang yang besar. Ciri tersebut menunjukkan usia pohon yang sudah tua, sehingga dapat menghasilkan sagu yang baik.

Manfaat Sagu Bagi Tubuh

Tadi kita telah membahas sekilas mengenai sagu. Kini kami akan menguraikan beberapa manfaat sagu bagi tubuh Anda. Sebelum itu, sebaiknya kita ulas apa saja kandungan gizi yang dimiliki dalam 100 gram sagu sebagaimana dilansir dari fatsecret.co.id, berikut ini:
  • Total Kalori: 354 Kkal
  • Lemak: 0,05 gram
  • Protein: 0,42 gram
  • Kalium: 16 mg
  • Kalsium: 10 mg
  • Sodium: 1 mg
  • Fosfor: 13 mg
  • Zat Besi: 0,6 mg
  • Karbohidrat: 87,55 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula 3,25 gram
  • Vitamin B1: 0,01 mg

Cerdas dalam Memilih Bahan Pakan Itik 

Mengenali Komponen dari Pakan Itik
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bahan pakan itik, sebaiknya Anda mengetahui beberpa bagian dari pakan itik. Inilah ulasan tentang bagian-bagian dari pakan itik berikut ini.

1. Bahan Baku Pakan
Ada beraneka bahan yang dapat dipilih menjadi pakan itik. Masing-masing bahan tentu memilii keunggulan tersendiri. Perlu Anda ketahui, bahwa memilih bahan pakan berkaitan erat dengan kebutuhan gizi itik yang diternakkan. Beberapa bahan pakan yang umum dipilih oleh para peternak antara lain:

Tepung bekicot
Bekicot rebus
Keong mas rebus
Tepung keong mas
Limbah roti
Tepung ikan
Bungkil kelapa
Bungkil kedelai
Konsentrat layer
Konsentrat grower (broiler)
Tepung kepala udang
Jagung
Bekatul
Nasi aking
Secara garis besar mungkin Anda melihat bahwa jenis pakan di atas serupa dengan apa yang biasa dikonsumsi oleh ayam. Hal ini memang benar. Akan tetapi meski mempunyai kesamaan, namun pakan untuk itik sebaiknya diberikan asupan serat yang lebih tinggi. Pasalnya, kebutuhan serat itik jauh lebih banyak ketimbang ayam.

Selain serat, pakan sebagai sumber energi tidak boleh mengenyampingkan kebutuhan protein. Beberapa sumber protein yang bisa dijadikan pilihan adalah kepiting kecil, cacing, ikan, keong, serta bekicot. Anda juga bisa memanfaatkan protein nabati dari kacang-kacangan hingga beberapa jenis biji-bijian.

Pastikan Anda ekstra waspada ketika menggunakan bungkil, baik yang berasal dari kedelai, kelapa, ataupun kacang. Mengingat pada bungkil kadang ditemukan adanya jamur dengan kandungan racun aflatoksin. Padahal itik sensitif akan jamur sejenis itu.

Di luar hal-hal yang telah dibahas tadi, Anda juga harus memperhatikan metode pemberian bahan pakan. Beberapa bahan bisa diberikan secara terpisah, sedangkan sebagian lainnya mesti dicampurkan.

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Chicago là quê hương của một loạt các điểm ăn nửa buổi, bao gồm cả Nighthawk: AM của Công viên Lincoln ve may bay di My , nơi phục vụ các món sáng tạo như bánh mì nướng que phủ Frosted Flakes của Pháp với xi-rô phong ba bourbon hoặc Beatnik ở West Town , với thực đơn lấy cảm hứng toàn cầu và món slushies nổi tiếng.

    Như bạn làm ở bất kỳ thành phố lớn nào, hãy thận trọng khi bạn đi ra ngoài. Luôn giữ những vật có giá trị của bạn bên mình ve may bay di Philadelphia.

    ReplyDelete

Post a Comment